Sunday 23 September 2007

Kisah2 motivasi lagi

Jum'at kemaren...lagi2 bapak kepsek gw ngasih cerita motivasi lagi... Kali ini ceritanya seru juga. Well, ada dua cerita!!

-----------------------------------------
Cerita tentang orang Eskimo

Ceritanya singkat aja, jadi ada orang Eskimo, mereka mau ngeburu anjing. Dan, inti cerita ini adalah bagaimana cara mereka mendapatkan buruannya itu.

Jadi..orang eskimo itu meletakkan sebuah es ditengah-tengah es(halah). Ia menancapkan pisau bermata tiga(gw ngebayanginnya kayak trisula). Lalu..orang eskimo itu mengoleskan darah(gak tau darah apa) di trisula itu.

Well, let's see. Seekor anjing datang menghampiri trisula itu karena tertarik dengan bau darah itu. Lalu ia mengendus2 darah itu, dan anjing itupun menjilati darah yang dioleskan pada trisula itu. And guess what, lama kelamaan anjing itu menjilati darahnya sendiri! Yeah, lidahnya kan ketoreh2 trisula itu, jadinya pasti berdarah. So..lama kelamaan anjing itu langsung mati.

Inti dari cerita ini...mm...kalo kata Pak Bambang sih, jangan mudah terkecoh, jadi orang harus kreatif. Seinget gw itu sih :p *ditimpuk gara2 ngasi tau cerita gak jelas*

-----------------------
Cerita tentang petani anggur

Ada sebuah desa yang disana mayoritasnya petani anggur. Suatu hari kepala desa itu mengusulkan akan diadakan pesta anggur. Maka ia memberitahukannya kepada seluruh petani disana untuk membawa masing-masing satu gelas anggur.

Ada seorang petani yang berinisiatifkan sesuatu. Ia berencana akan membawakan segelas teh, bukan anggur. Karena ia rasa warna teh dan anggur tak jauh beda, dan jika dicampurkan dg anggur petani lainnya maka rasa tehnya tak akan ketahuan.

Lalu ia datang ke pesta anggur itu, dan menuangkan segelas anggur 'jadi2an'-nya ke dalam sebuah wadah yang disiapkan disana. And...seluruh petani anggurpun juga menuangkan gelas-gelas mereka ke wadah besar itu.

Dan, ketika pesta dimulai, sesaat kepala desa itu mencicipi segelas anggur itu. And guess what again, rasanya kini bukan rasa anggur itu, melainkan berubah total menjadi rasa teh! Dan ternyata, seluruh petani itu berinisiatif sama dengan petani yang diceritain lagi! Ckckckck...

Hikmah dari cerita ini....*sigh*....yaitu, kita tidak boleh mencontoh perbuatan petani itu! (gw denger dari Pak Bambang hikmahnya juga gak jelas) Pak Bambang mencontohkan sedikit. Katanya, salahsatu hikmah dari kejadian ini sama aja kayak...seorang anak yg berinisiatif pipis (ups...emang dikasi tauknya kayak gitu kok!) di tembok WC, dan ternyata anak yg berinisiatif itu gak cuman dia aja!